vacation

everywhere

Rabu, 19 Juni 2013

Pantai Balai Kambang- Malang

" Pantai Balai kambang - Malang, Jawa Timur"

ini liburan singkat di selatan kota malang, tepatnya di pantai balaikambang. dengan berbekal google maps saya dan teman saya memberanikan diri menyusuri jalan menuju balai kambang. Karena ide ini terlintas begitu saja, alhasil kita kurang persiapan.

saya akan berbagi cerita tentang perjalanan saya. semua ini bermula pada malam selasa, tapi saya lupa tanggal dan bulanya, hhhe.. rencana ini sangat mendadak karena taunya juga mendadak. pas saya gak sengaja browsing ternyata ada pantai nan elok di sebuah kota malang,, yapss "balai kambang". akhirnya saya mengajak teman saya yang kebetulan lagi gak dinas alias libur.

kami berangkat dari kota surabaya pukul 07.00 WIB tepat hari selasa menaiki sekuter matic. Rencananya mau berangkat jam 05.30 WIB biar gak kena macet, tapi apa mau dikata jam karet pasti selalu ada.
oke saya meluncur dari surabaya, melewati sidoarjo, mengikuti plakat yang ada di jalan dan akhirnya wala kita sampai di malang. Surabaya-malang cuma butuh 2jam. Dan petualangan yang sesungguhnya baru di mulai saat kita sampai di kota malang. Untuk menuju pantai balai kambang kita terjebak di tengah kota malang, ya maklum gara-gara google mapsnya gak bisa kebaca. Berbekal tanya kesana kemari akhirnya titik terang kami temukan, hhhe

untuk menuju malang selatan kita masuk Arjosari terlebih dahulu, lurus terus menuju gadang-pakisaji lalu pasar gondang legi setelah itu belok kanan ada pertigaan dari arah kepanjen ambil lajur kiri menuju bantur dan finally masuk Desa Srigonco Kecamatan Bantur. untuk mencapai pantainya gak usah bingung gan, kalian tinggal mengikuti plakat yang ada dan di jamin tidak akan tersesat.

sepanjang perjalanan jalan yang kita lewati akan membuat kita berdecak kagum akan ciptaan tuhan.Pepohonan rimbun di kanan-kiri kita serta ladang tebu yang sangat luas.
setelah melewati jalan yang cukup jauh dan agak sedikit ekstrim karena tanjakanya yang luar biaso dan tikunganya yang rada sedikit ngeri akhirnya sampailah saya dan teman saya di jalan masuk pantai balai kambang (2jam dari pusat kota malang). untuk masuk kesana kita akan dikenakan biaya Rp 10.000,- untuk tiap orang dan Rp 2.000,- untuk kendaraan bermotor.

kita susuri jalan sedikit lagi, yah sekitar 5menit dan..... amazing !!
debur ombak pantai Balaikambang terdengar jelas, pasir putihnya, gradasi warna air laut yang begitu indah. akan membuat kita berkata "gilaaaaaaag amazing banget" sambil loncat-loncat gak jelas (ini pengalaman pribadi saya sih. hahah).
saking begitu indahnya setiap langkah kaki langsung saya abadikan, hahaaha.
karena hamparanya begitu luuuaaas (ya iyalah namanya juga pantai )saya sempat bingung mau ke arah mana. dan akhirnya saya dan teman saya memutuskan untuk pergi ke arah barat terlebih dahulu

di arah barat kita akn menjumpai banyak toko yang menjual baju atau soevenir dan kedai yang menjajakan bermacam-macam makanan. so don't worry bila kalian lupa gak bawa baju ganti atau kelaparan. setelah melewati toko dan kedai makanan kalian akan melihat dua buah pulau. Salah satu pulau ada sebuah pura kecil di atasnya untuk menuju kesana kita akan di bantu oleh sebuah jembatan yang menghubungkan daratan dan pulau tersebut. Saat kita melewati jembatan, kita akan melihat ombak terpecah saat menghantam pondasi-pondasi jembatan dan itu menjadi pemandangan yang mengagumkan. Pulau yang satu ini sering dijuluki "tanah lotnya jawa" soalnya mirip banget sama tanah lot yang ada di bali.
kita bisa melihat laut lepas dari atas pulau ini dan ini sangat amazing ! kita susuri setiap daerah di pulau ini dan kami menemukan plang kecil bertuliskan "air 7 sumur" karena kami penasaran akhirnya kami menuju kesana. kita berasumsi bahwa air 7 sumur berada di sebuah pulau disebelah barat pulau lot tadi tapi sayangnya jembatan menuju pulau tersebut terputus dan belum diperbaiki.
saat menuju pulau tujuh sumur kita berjalan menyusuri pantai dan pesisir pantai ini tergolong sepi, so kita berekspresi semau kita, hahha berasa pulau milik sendiri
 foto di atas di ambil di pesisir barat pulau lot. Suasananya lebih tenang dan indah !

jadi untuk kalian yang suka berpetualang dan bingung mau kemana saya rekomendasikan untuk mengunjungi pantai balaikambang.
di jamin gak bakal nyesel !!